Mungkin tidak ada banyak dari traveler yang jalan-jalan berwisata ke kota Samarinda. Padahal, ada lokasi Air Terjun dinamakan Tanah Merah yang menjadi destinasi alam menawan. Airnya sejuk dan alamnya begitu asri cocok tuk area Anda berakhir pekan. Tidak banyak obyek wisata alam yang disuguhkan di Kota Samarinda. Sentra perbelanjaan yang merambah di ibukota Kalimantan Timur tersebut memungkinkan 90 persen lebih orang berbondong berwisata ke lokasi yang lebih modern tersebut. Satu dari banyak wisata alam yang berpusat di Kota Samarinda ialah Air Terjun Tanah Merah. Selaku wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia, air terjun ini tidak sebagaimana air terjun di Pulau Jawa yang ada di ketinggian. Air Terjun Tanah Merah cuma memiliki ketinggian kira-kira 15 meter. Aliran air merayap di bebatuan besar lalu jatuh membentuk kolam yang lebar dibawahnya. Akan tetapi, kolam tadi tak boleh digunakan tuk berenang. Hal tersebut tidak lepas dari kejadian wisatawan yang ditelan air kala berenang di kolam itu.

Wisata Alam Samarinda

Air terjun Tanah Merah tak punya air jernih tetapi warnanya kecoklatan. Hal itu disebabkan keadaan dari Daerah Aliran Sungai (DAS) dominan penuh dengan lumpur, dan ialah tanah gambut. Nuansa di sekeliling air terjun ini amat asri sebab berada di tepian perkampungan yang terbilang alami. Pohon-pohon rimbun khas tanah Borneo mencuat tinggi jadi ornamen alam yang melengkapi keasrian dan keindahan area wisata ini. Air terjun Tanah Merah berada di Desa Tanah Merah, Samarinda Utara ataupun kira-kira 14 Km ke sisi timur laut Kota Samarinda, di ruas jalanan poros Samarinda-Bontang. Tuk menuju ke objek wisata ini, wisatawan bisa dengan gampang menjangkaunya menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum. Bila menggunakan kendaraan umum, pelancong bisa menggunakan trayek dari start Pasar Segiri menuju Sungai Siring, lalu terhenti di simpang 3 ke Air Terjun Tanah Merah. Bila trafik dari Kota Samarinda, gapura tuk menuju air terjun Tanah Merah ada di sisi kanan jalan, dan kebalikannya jika dari Bontang. Fasilitas yang tersedia pengelola Air Terjun Tanah Merah tergolong lengkap. Ada fasilitas kamar mandi, bangku panjang taman, gazebo, tempat makan, pemancingan, area parkir, serta arena bermain anak. Disini pun kadang ada pentas hiburan buat para pengunjung. Namun, kini semuanya fasilitas itu terlihat mangkrak dan tidak terurus. Sampah pelancong pun terlihat dibiarkan berserakan dan tidak dibereskan.

Obyek tiket yang sempat booming ini kian ditinggalkan pelancong khususnya warga Samarinda. Jalanan dari gerbang loket tiket pergi ke air terjun terbilang buruk. Jalan tengah didominasi tanah serta urukan batu. Tetapi, suasana pedesaan juga perkampungan bakal jadi obat istimewa sepanjang jalan ke lokasi. Lepas dari itu semuanya, air terjun Tanah Merah patut dikunjungi tuk wisatawan yang tengah, ataupun yang hendak ke Kota Samarinda. Tiket buat masuk ke area wisata ini merupakan Rp 5.000. Tarif parkir motor Rp 5.000 dan mobil roda empat Rp 10000. Gemericik air serta asrinya alam di sekitarnya memungkinkan betah siapapun yang mendatanginya. Selamat berlibur, traveler, jangan lupa buang sampah pada tempatnya!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.